cool hit counter

PDM Kota Banjarbaru - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kota Banjarbaru
.: Home > Berita > Gladian Pandu Pengenal, Latihan Pra Kemah ala Dewan Pasukan KH. Gt. Abdul Muis SMP Muhammadiyah Banjarbaru

Homepage

Gladian Pandu Pengenal, Latihan Pra Kemah ala Dewan Pasukan KH. Gt. Abdul Muis SMP Muhammadiyah Banjarbaru

Rabu, 12-02-2020
Dibaca: 153

 

Dewan Pasukan VI KH. Gusti Abdul Muis Qabilah 010401-010402 SMP Muhammadiyah Banjarbaru adakan Gladian Pandu Pengenal pada Sabtu (08/02) di Taman Hutan Raya (tahura) Sultan Adam.
 
 
Gladian yang disiapkan kurang lebih 13 hari ini diwajibkan bagi pandu kelas VII dan pandu kelas VIII yang berminat. Kegiatan dibuka dengan upacara pembukaan di Plaza Tahura Sultan Adam dan dilanjutkan penampilan yel-yel oleh Dewan Pasukan Putri VI. 
 
 
Memasuki kegiatan inti, wide game. Para peserta mengikuti wide game dengan berkelompok (regu). Masing-masing regu melewati 8 pos dengan melaksanakan tugas juga tantangan oleh para penjaga pos tersebut.
 
 
 
Menurut pelatih Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (GKHW) SMP Muhammadiyah Banjarbaru, Agus Syukran. Gladian ini telah dilaksanakan kurang lebih selama 5 tahun terakhir. Tujuannya untuk mendidik anak-anak Pandu Pengenal di alam terbuka. 
“Gladian ini sudah dilaksanakan selama 5 tahun. Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mendidik anak-anak Pandu Pengenal dengan kondisi alam terbuka sehingga terwujudnya Pandu HW yang hablumminallah, hablumminannas, dan hablumminal ‘alamin,” terang Agus.
 
 
Selain itu, Agus juga menuturkan gladian ini bentuk latihan pra kemah yang menjadi program kerja Dewan Pasukan VI KH. Gusti Abdul Muis Qabilah 010401-010402  GKHW SMP Muhammadiyah Banjarbaru. 
“Kegiatan ini adalah program kerja Dewan Pasukan VI. Sedangkan guru-guru hanya sebagai pembina dan pendamping saja,” tutur Agus.
 
 
 
Selaku pelatih Agus mengungkapkan harapan pada kegiatan ini, “Harapannya semoga peserta sudah memaknai alam dengan baik, memperlakukan alam dengan baik, serta sudah kenal alam dengan baik agar ketika berkemah selama 3 hari nanti pada bulan depan sudah sangat siap karena sudah dibekali pada kegiatan gladian ini.”
 
 
Selain peserta, pelatih, pembina, dan pendamping. Kegiatan ini juga dihadiri oleh alumni Dewan Pasukan angkatan I sampai Dewan Pasukan angkatan V, juga Dewan Kerabat KH. AR. Fachruddin GKHW SMA Muhammadiyah Martapura (Fatimatuzzahra).

Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website